Control and Instrumentation Armoured Cable BS5308

On November 27, 2012, in Elektronika, by Herlambang

Prelude,
Dalam dunia instrumentasi dan automation kadang diperlukan penggunaan kabel yang mungkin tidak lazim untuk instalasi biasa. Seperti pemasangan instrument yang dilakukan di area process plant pada petrochemical company. Salah satu contoh adalah armoured cable. Yang dimaksud armoured cable adalah kabel yang terbungkus oleh metal yang berfungsi sebagai pelindung core kabel. Metal armour juga sering digunakan sebagai grounding pada kabel instalasi tegangan tinggi, dan jenis kabel tersebut harus memiliki core lebih dari satu (multicore) untuk mencegah overheating pada metal armour saat dilalui arus yang sangat besar (induksi elektromagnetik). Untuk single core biasanya digunakan bahan yang non magnetic seperti aluminium.

Selain aplikasi untuk transfer tegangan tinggi, tipe armoured juga tersedia untuk aplikasi automation, instrumentasi dan control. Sebagai contoh yang pernah saya gunakan adalah tipe Armoured BS5308 2x2x1.5mm (individually and collectively screened) dari Prysmian, produsen kabel dari Inggris yang sangat terkenal.

Pembahasan BS5308
Karena tipe kabel armoured sangat banyak, saya akan bahas yang paling sering saya gunakan yaitu BS5308. BS5308 adalah multipair kabel yang di disain untuk menyalurkan suara dan sinyal atau data. Kabel tersebut juga lazim digunakan untuk koneksi peralatan listrik dan keperluan transfer sinyal 4-20mA dari transmitter ke control panel atau controller.

BS5308 Control and Instrumentation Cable

BS5308 Control and Instrumentation Cable

Dengan sebutan apakah BS5308 dikenal?
Kabel BS5308 Part 1 Type 1 juga dikenal dengan nama Instrumentation Cable, Screened Instrumentation Cable atau BS5308 Control Cable. BS5308 Cable Part 1 Type 2 bisa direferensikan sebagai Instrumentation Cable atau Armoured Instrumentation Cable.

Apakah BS5308 itu?
BS5308 adalah standar kabel yang dikeluarkan oleh Inggris, yang meliputi kebutuhan dan spesifikasi dari instrumentation signal cables. Standar tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu Part 1 meliputi kabel dengan insulasi berbahan polyethylene yang digunakan untuk industri perminyakan. Disitu dicantumkan kebutuhan, spesifikasi dan dimensi dari kabel dengan bahan insulasi polyethylene dalam pilinan (pairs) yang menggunakan screens atau tanpa screens (screens adalah konduktor yang membungkus kabel dari bahan aluminium foil atau serabut logam dengan konduktivitas elektrik).
Sedangkan Part 2 meliputi kabel dengan bahan insulasi dari PVC yang lazim digunakan untuk industri chemical atau petrochemical.

Apakah perbedaan dari BS5308 Part 1 Type 1 dengan BS5308 Part 1 Type 2?
Standarisasi dari Inggris tentang BS5308 Part 1 mendefinisikan kabel Type 1 berinsulasi polyethylene dan terbungkus PVC. Kabel Type 2 berinsulasi polyethylene dan terbungkus polyethylene dengan single wire armoured dan PVC oversheathed. Kabel Type 1 didisain untuk digunakan dalam aplikasi indoor (dalam ruangan) sedangkan Type 2 bisa digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan penanaman kabel secara langsung (direct burial). Selain itu ada juga kategori ketiga dari standar Part 1 yaitu Type 3 yang meliputi kabel yang berinsulasi polyethylene, terbungkus PVC serta terlindungi campuran timbal dan jacket terbuat dari PVC.

Industri apakah yang menggunakan kabel BS5308?
Kebutuhan akan layanan data dan standar yang tinggi membuat BS5308 Instrumentation Cables digunakan di berbagai bidang industri yaitu meliputi building and construction, communications and telecoms, water treatment, oil and gas, petrochemical and automation and process control.

Tersedia dalam berapa warnakah kabel BS5308?
Pembungkus luar atau sheath pada kabel BS5308 tersedia dalam warna hitam atau biru.

Apakah yang disebut dengan drain wire?
Kedua tipe kabel BS5308 Part 1 Type 1 dan BS5308 Part 1 Type 2 mempunyai drain wire. Drain wire adalah kabel tanpa insulasi yang digunakan untuk membuat koneksi ground atau arde pada kabel. Drain wire terletak dibawah screen dan mempunyai kontak langsung dengan screen.

Kenapa setiap pasang dari core kabel BS5308 di pilin (twisted)?
Memilin sepasang core kabel bertujuan untuk mengurangi jumlah dari electromagnetic interference (EMI) yang timbul dari luar kabel atau cross talk dari core cable yang berdekatan didalam satu kabel multipairs. Saat kabel ditempatkan dekat dengan kabel yang lain secara parallel, akan terjadi cross talk atau signal interference antar kabel. Pemilinan mencegah hal tersebut.

Datasheet BS5308 Type 2 yang sering saya gunakan. Kabel ini bisa untuk direct burial.
Silahkan download disini.

Semoga Bermanfaat,
Herlambang A.

Tagged with:  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons