Rangkaian Terintegrasi IC 555

On March 8, 2010, in Digital, by Herlambang

IC 555 adalah satu dari sekian banyak IC pewaktu (timer). Kelompok rangkaian ini dipakai untuk menentukan waktu tunda dengan tepat. Tidak seperti op amp741, alat ini hanya dapat memberikan tegangan output tinggi atau rendah. Karena output dari IC 555 hanya mempunyai dua kondisi yang memungkinkan, maka dia dinamakan alat digital. IC 555 seperti halnya op amp741 mempunyai 8 pin (seperti telihat pada gambar di bawah). Ada dua cara yang utama untuk memakai IC 555 yaitu sebagai rangkaian monostabil atau sebagai rangkaian astabil. Bentuk IC 555 adalah seperti berikut :

Anda harus hati-hati dan yakin menentukan kaki-kaki (pin-pin) IC,lihatlah tanda (titik) pada packing IC yang menetukan pin nomor 1 dan pin 2,3 dan seterusnya dengan arah berlawanan jarum jam . Pandangan atas IC555 dan nomor-nomor kaki(pin) adalah seperti gambar berikut :

1.Operasi Monostabil
Rangkaian monostabil adalah suatu rangkaian yang mana setiap disulut (di trigger) akan memberikan tegangan output Tinggi untuk suatu waktu yang belum ditentukan sebelumnya, kemudian setelah selang waktu tegangan output rangkaian akan kembali kepada kondisi normal yaitu tegangan rendah. Karenanya, kata “monostabil” berarti rangkaian stabil hanya untuk suatu kondisi sebelumdia di sulut.
Pada operasi ini, mula-mula timer 555 mempunyai tegangan keluaran rendah yang tidak dapat ditentukan. Tegangan pada kapasitor digunakan untuk tegangan threshold ke pin 6. Saat trigger masuk melalui pin 2, rangkaian menghasilkan pulsa keluaran melalui pin 3 sehingga tegangan keluaran berubah dari rendah ke tinggi. Keluaran tetap akan tinggi untuk sementara waktu dan akan kembali ke keadaan rendah setelah waktu tunda.

2. Operasi Astabil
Rangkaian astabil adalah tipe osilator elektronik yang menghasilkan tegangan output yang secara terus-menerus dan otomatis di-switch dari kondisi Tinggi ke Rendah kemudian dari Rendah Ke Tinggi dan seterusnya .Karena tegangan output tidak stabil yaitu dalam salah satu kondisi Tinggi atau Rendah, maka tipe dari rangkaian ini dinamakan “astabil”.

Tagged with:  

2 Responses to Rangkaian Terintegrasi IC 555

  1. henrry says:

    timer h 3b-8 untuk pewaktu

  2. Nayla says:

    mas, kalo rangkaian komplitnya ada ga? kalo ada aq minta dong.

    makacih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons