Mekanik Elektrik Relay

On March 25, 2014, in Analog, Elektronika, by Herlambang

Relay adalah salah satu cara pensaklaran yang sering sekali dipakai dalam aplikasi listrik, pada prinsip dasarnya relay adalah sebuah saklar on / off yang diatur oleh adanya gaya magnet dari kumparan yang dialiri arus. Ada dua tipe dari relay yaitu normally close dan normally open relay. Pada relay tipe normally close saklar akan dalam keadaan terhubung bila kumparan magnet belum bekerja, demikian sebaliknya pada tipe normally open saklar akan dalam keadaan tidak terhubung pada saat kumparan magnetik belum diaktifkan, skema dari relay dapat dilihat pada gambar berikut.

Skema Relay

Skema sederhana dari mekanikal elektrikal relay

Apabila arus listrik  dimasukkan pada + Vcc maka kumparan pada relay akan bekerja yaitu terjadinya kemagnetan pada kumparan sehigga akan menarik saklar yang terbuat dari bahan logam sehingga pada normally open output akan terhubung dengan pin input, demikian sebaliknya.

Tagged with:  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons