Traffic Lights Countdown Timer – Ulasan ringkas

On January 24, 2012, in Projects, by Herlambang

Traffic Lights Countdown Timer

Dua tahun yang lalu ane dapet proyek traffic lights countdown timer dari temen. Traffic lights countdown timer ini akan dipasang disebuah kota di Indonesia :D. Sekarang dah jadi dan sudah terpasang di tempatnya :D

Mungkin banyak yang belon tau prinsip kerja countdown timer, mungkin juga ada yang beranggapan kalo countdown timer mengendalikan traffic lights. Tapi kenyataanya tidak seperti itu karena traffic lights mempunyai sistem controller sendiri yang terpisah dengan countdown timer.

Untuk traffic lights generasi baru, saat didisain, traffic lights controller sudah menyediakan port khusus yang digunakan untuk countdown timer sehingga sinkronisasi antara timer yang terbaca dengan siklus traffic lights sendiri akan semakin sempurna.

Berbeda dengan traffic lights produksi lama (90an sampai 2000an) apalagi yang produksi tahun 80an.. tidak ada port yang disediakan buat koneksi ke countdown timer. Jadi kalo ingin menggabungkan traffic lights lama dengan countdown timer, ane harus mengambil state mati dan nyala lampu lewat output controller, biasanya dengan nilai 0 dan 220VAC walaupun ada juga yang menggunakan tegangan 24V.
jadi prinsipnya gene:

01. Traffic lights countdown timer memiliki port khusus untuk logic input sekaligus digunakan untuk input power dari sistem itu sendiri. (power diambil dari output traffic lights controller)
02. Output dari traffic lights controller yang berupa perubahan tegangan 0 dan 220V atau nilai yang lain digunakan sebagai trigger untuk timer internal pada countdown timer.
03. Misal bila lampu hijau menyala, listrik dari traffic lights controller untuk lampu hijau juga akan menyalakan sistem dari countdown timer.
04. Saat ON, countdown timer akan mulai mengaktifkan timer internal dan mencacah sampai berapa lama lampu hijau menyala dan data timer disimpan dalam eeprom.
05. Yang perlu diingat, power untuk lampu merah dan hijau terpisah, walaupun akan masuk dalam rangkaian yang sama.. countdown timer controller.
06. Perlakuan yang sama untuk lampu yang lain. :D
07. Nah, setelah selesai proses penghitungan, siklus berikutnya countdown timer akan mengambil data timer dari eeprom dan countdown data tersebut dengan interval 1detik sampai habis atau sampai lampu lain menyala.

begitu intinya.. next..

Yah, cuman ngingetin aja bwt designer counter… alat ini life saving potential, jadi harus hati2 kalo mendisainnya. Saran:
A. Minimum, gunakan internal watchdog atau yang lebih bagus lagi double watchdog dengan error logging dan state counter.
B. Kalo pake RTOS, monitor setiap task, bila OK kick your dog bila gk oke, log error dan bila sampai kelewat batas, simpan data yang penting dan reset your sistem!
C. Yang perlu diingat lagi, eeprom cuman bisa max 100000X tulis, jadi perhatikan ya.
D. Ingress protection IP67 < udeh sip! ada yang bilang NO PICT = HOAX.. hee, yawdah ane kasih PICTnya :D pas meja ane berantakan buat drivernya: Traffic lights countdown timer

Catatan buat eike sendiri: :mahos

Display dibuat dengan sistem multiplexing dan tidak pake latch.
Switching power menggunakan HExFET.
Mikrokontroler yang ane gunakan seri ATmega16.
Bisa menyesuaikan timer secara otomatis bila lama cycle traffic lights diganti.
Sistem memiliki fasilitas double watchdog dan smart eeprom mapping.
Bila saat lampu mati dan nyala lagi, tidak perlu counting timer dulu.
Listrik flickering tidak reset, dan NO errors.
Saat posting artikel ini, sudah satu tahun lebih terpasang dan tidak ada masalah :D
IP67 dengan lisensor sendiri wakakaka :D

Yang terakhir, tidak ada sistem yang sempurna.. ane masih harus banyak belajar. Kalo ada sesepuh mampir silahkan dishare tips dan triknya serta kasih saran kepada nubie yang ngeyel satu ini.. salam.

cuman bwt share aja.. :ngacir:

Herlambang Aribowo.

 

7 Responses to Traffic Lights Countdown Timer – Ulasan ringkas

  1. wah mantap mas..!!!

    salam kenal sesama pecinta elektronik..
    maseh newbie mas

  2. kang ibnu says:

    makasih udah berbagi… saya ikut copy artikelnya mau saya ajarkan ke siswa-siswi saya…
    mudah-mudahan bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons