Rangkaian Modulator dan Demodulator FSK

On July 6, 2010, in Elektronika, by Herlambang

Rangkaian modulator FSK

Data digital yang dikirimkan secara serial oleh mikrokontroler sebelum diteruskan ke pemancar harus dimodulasikan atau diubah parameternya dari parameter tegangan menjadi frekuensi. Modulator FSK akan mengubah data yang dikirimkan mikrokontroler menjadi sinyal sinusiodal dengan frekuensi yang bergantung pada data dari mikrokontroler. Nilai frekuensi yang dihasilkan bergantung pada nilai R1, R2 dan nilai C yang merupakan komponen eksternal yang harus ditambahkan pada IC XR-2206. Nilai frekuensi yang dihasilkan akan sesuai dengan persamaan f1 = 1/(R1.C) dan f2 = 1/(R2.C),  f1 merupakan frekuensi yang dihasilkan pada saat input berupa data logika high, sedangkan f2 merupakan frekuensi yang dihasilkan pada saat input berupa data logika low (Exar, 1997).

Rangkaian modulator FSK dapat dilihat pada gambar 1. Pulsa logika high pada penelitian ini akan setara dengan f1 yaitu sebesar 1100 Hz, oleh karena itu nilai R1 adalah sebesar 27,5 k ohm dan C sebesar 33nF. Sedangkan data logika low akan setara dengan f2 sebesar 2200 Hz, sehingga nilai R2 adalah 13,7 k ohm.

Gambar 1  Rangkaian modulator FSK

Rangkaian demodulator FSK

Rangkaian demodulator FSK menerima sinyal yang berasal dari receiver. Seperti pada waktu dipancarkan, sinyal ini berupa sinyal sinusiodal yang berubah-ubah frekuensinya sesuai dengan data yang dikirimkan. Demodulator akan mengubah kembali sinyal sinusoidal tersebut menjadi sinyal digital (biner) yang dapat diterima mikrokontroler melalui pin RxD.

Pengubahan oleh demodulator dilakukan dengan membandingkan dengan frekuensi tengah (f0). Frekuensi yang lebih besar dari frekuensi tengah akan menghasilkan output logika high, sedangkan frekuensi input yang kurang dari frekuensi tengah akan menghasilkan output logika low. Rangkaian demodulator FSK dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2  Rangkaian demodulator FSK

Frekuensi tengah ditentukan dengan mengatur besarnya hambatan pada R0 dan besarnya C0 (kondensator yang terhubung pada pin 13 dan 14 IC XR 2211). Nilai frekuensi tengah ditentukan berdasarkan nilai kedua frekuensi yang dihasilkan oleh modulator FSK. Penentuan nilai frekuensi tengah dihitung dengan persamaan:

Pemilihan nilai R0 dan C0 dilakukan berdasarkan persamaan  f0 =1/(R0.C0). Nilai f1 dan  f2 berturut-turut adalah 1100 Hz dan 2200 Hz sehingga didapatkan nilai f0 adalah sebesar 1556 Hz. Berdasarkan nilai f0 ini, ditentukan nilai C sebesar 33 nF dan R0 sebesar 19,4 k ohm. Namun demikian, R0 yang digunakan dalam rangkaian adalah variabel resistor sehingga dapat diubah-ubah nilainya untuk pengesetan (Exar, 1997).

Tagged with:  

26 Responses to Rangkaian Modulator dan Demodulator FSK

  1. amel_cute says:

    minta bantuan dong posting tetang decible

  2. Herlambang says:

    @amel_cute: maksudnya gimana mbak?? apa tentang pengertian decibel dan hubungannya terhadap penguatan (gain) atow gimana?

  3. yayat says:

    kalau pemancarnya hanya infrared gmna ya???

  4. yayat says:

    apakah rangkaian modulator dan demodulatornya sama dengan diatas?
    mhon bimbingannya..
    terima kasih.

  5. Herlambang says:

    @yayat: pake infrared bisa aja asalkan rangkaian infrared tersebut mampu untuk mengirimkan frequensi audio .. minimal bandwidth 3KHz .. karena modulator FSK ini bekerja pada frequency 1100 Hz dan 2200 Hz. thanks.

  6. barcoda says:

    bagaimana rangkaian penggabungan modulator dan demulator? N isi dari komponen(demulator dam modulator) itu sendiri apa saja? karena saya ingin ber eksperimen tentang modulator dan demulator untuk menangkap sinyal 2.4Ghz

    terimakasih

  7. oyo says:

    klo pgn bwt RC car gmn crany??apa pkai FSK jg bwt pengirimn dan penerima??rngkaian yg hrs dibuat apa sj??tlg dijelaskan

  8. rief.better says:

    ajib artikelnya..!!
    kalo sy mau kitim outputnya pake handy talky bisa gak ya??
    apa frekuensinya harus disesuaikan dulu??

    • Herlambang says:

      @rief.better
      Sangat bisa.. frequensi modulator dan demodulator adalah beda dengan frequency carrier.
      jadi berapapun carriernya asalkan masih bisa mengirim dan menerima frequency modulator, itu gk masalah.
      misal pake HT di freq VHF 141.45MHz.. gak masalah.

  9. rief.better says:

    pa klo harga xr2206nya brapa ya?
    nuhun

  10. mas gin says:

    nilai R1 adalah sebesar 27,5 kW

    pak, mksdnya 27,5 KW gmn?, bukannya nilai Resistor pake OHM

  11. Fithro says:

    Pak kalau mau beli IC nya XR2206 dan XR2211 dimana ya? Di toko toko elektronik biasa gak ada yang jual soalnya.
    kira-kira punya refrensi toko yg jual gak Pak? bisa kirim ke email saya.
    trims.. suwun.

  12. roy rohmansyah says:

    kalau boleh tanya, dimana ya tempat membeli ic XR 2211 dan XR 2206 nya kak?

  13. roy rohmansyah says:

    oh iya kak, ada yang jual online gak ic nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons