Repair ICOM IC-2300H (RD70HUF2)

On January 26, 2016, in RF, by Herlambang

Ane demen banget sama RIG dari ICOM yang satu ini, ICOM IC-2300H. Bentuknya imut ramping dan lebih feminim serta menawan bila dibandingkan dengan kakak2-nya IC-2000H, IC-2100H dan IC-2200H. Dalam jajaran seri ICOM 2XXX baru ICOM IC-2300H yang menggunakan final RF Amplifier berupa MOSFET yang terpisah antara driver dan final bila kita lihat kakak2nya menggunakan final module yang sudah terintegrasi antara driver dan final. Seperti IC2000H dan IC2100H yang menggunakan final module berbasis transistor sedangkan IC-2200H menggunakan final module berbasis MOSFET. Pada ICOM IC-2300H ada tiga MOSFET yang disusun secara cascade membentuk rangkaian RF amplifier dari pre-driver, driver dan final. untuk pre-driver menggunakan RD01MUS1 sedangkan driver menggunakan RD04HMS2 dan yang terakhir final menggunakan RD70HUF2.

Driver ICOM IC-2300H

Driver ICOM IC-2300H (click to enlarge)

Untuk ketiga MOSFET tersebut yang sering bermasalah adalah bagian final yaitu RD70HUF2. Dalam pemakaian agak sembrono (tidak mempedulikan nilai VSWR) sering ditemui MOSFET tersebut terbakar. Dan hal yang paling tidak mengenakkan lagi yaitu kadang track PCB pada kaki drain RD70HUF2 juga ikut terbakar dan mengelupas. Hal tersebut bukan masalah besar, karena masih bisa direpair. Kalau kita perhatikan RD70HUF2 mempunyai fisik yang hampir sama dengan final pada radio motorola walaupun serinya berbeda. Kemungkinan ICOM ikut MOTOROLA dalam menggunakan teknologi MOSFET karena petimbangan efisiensi daya dan gain yang tinggi. RD70HUF2 mempunyai dua kaki GATE dan dua KAKI DRAIN sedangkan SOURCE jadi satu pada body MOSFET.

RF Amplifier pada ICOM IC-2300H

RF Amplifier pada ICOM IC-2300H (click to enlarge)

Hal ini mengingatakan kita pada MOSFET2 yang sering dipergunakan untuk pallet RF Amplifier berdaya besar seperti BLF188XR, MRFE6VP6300H dll..  Ya konstruksi MOSFET tersebut seperti ada dua buah MOSFET dalam satu package. Tapi untuk konstruksi rangkaian pallet pada input masing2 gate ada splitter dan pada output drain ada combiner untuk menyatukan 2 output. Pada konstruksi RF-AMP IC-2300H untuk input gate memang ada splitter tetapi pada output drain tidak ada combiner dan kedua output hanya disolder secara langsung pada trackpad PCB yang ukuranya lebar. Saya juga kurang tahu apakah konstruksi ini aman dan rugged untuk aplikasi mosfet dengan dual gate dan dual drain. Tetapi pada kenyataanya didaerah pertemuan kedua output tersebut sering terjadi overload dan terbakar.

RD70HUF2

RD70HUF2 (click to enlarge)

Saking cintanye sama rig yang satu ini, ane sampe punya 4 unit. Satu unit masih dalam dus, satu unit dipakai sehari2 dan dua unit sisanya ane dapetin dalam kondisi final yang sudah mati.  Barusan ane iseng bongkar salah satu rig dan memang ternyata MOSFET finalnya sudah almarhum. Untuk melepas RD70HUF2 dari track PCB harus menggunakan blower jika ingin aman dan hasilnya rapih. Sebenarnya bisa juga menggunakan solder biasa dan obeng kecil untuk mengangkat kaki2 MOSFET tapi sangat tidak aman karena bisa merusak jalur PCB (terangkat). Karena pin kaki RD70HUF2 dan trackpad PCB juga cukup lebar dibutuhkan panas yang agak lebih untuk melepas MOSFET tersebut dengan cepat. Ane gunakan temperature 450 derajat Celcius dan MOSFET ini bisa terangkat dalam waktu kurang lebih 5detik. Foto diatas ane ambil barusan setelah RD70HUF2 berhasil ane lepas dari PCBoard dengan cepat dan aman.

 

Oke bagi yang membutuhkan, ICOM IC-2300H service Manual bisa didownload disini. Sedangkan untuk user manual bisa didownload disini.

Oke selamat utak-atik, semoga sukses selalu gan :cendols

 

One Response to Repair ICOM IC-2300H (RD70HUF2)

  1. rochmat says:

    thanks bang atas testimoni dan share nya, sy jg punya tp cuma satu skrg lg rusak. pertama rdo tsb short yg menyebabkan fuse di psu putus. ternyata diode damper rdo vhf yg ada di pcb korslet dan utk mempersingkat test aku putus diode tsb. terus rdo aku masuki tegangan lg dan tdk putus lg fuse nya, tapi radio BLM BISA HIDUP. kira2 bagian mana ya yg harus di cek dll. thanks sebelumnya
    best/rgds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons