Apakah yang dimaksud dengan RS485?

RS485 atau EIA (Electronic Industries Association) RS485 adalah jaringan balanced line dan dengan sistem pengiriman data secara half-duplex. RS485 bisa digunakan sebagai jaringan transfer data dengan jarak maksimal 1,2 km. Tabel berikut adalah ringkasan spesifikasi dari protokol RS485:

RS485_brief

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai RS485 bisa didapatkan pada dokumentasi EIA (Electronic Industries Association) ataupun produsen-produsen komponen elektronika yang memproduksi komponen atau alat yang kompatibel dengan RS485. Sebagai contoh adalah Texas Instruments dan Maxim Semiconductors.

Apakah yang dimaksud dengan Half Duplex?

Half duplex adalah sistem dimana antara beberapa transmitter (pembicara) dapat berkomunikasi dengan satu atau banyak receivers (pendengar) dengan hanya satu transmitter yang aktif berkomunikasi dengan receiver dalam satu siklus waktu (waktu komunikasi). Sebagai contoh, pembicaraan dimulai dengan sebuah pertanyaan, orang yang bertanya tersebut kemudian akan mendengarkan jawaban atau menunggu sampai dia mendapat jawaban atau sampai dia memutuskan bahwa orang yang ditanya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Dalam jaringan RS485, “master” akan memulai “pembicaraan” dengan sebuah “Query” (pertanyaan) yang dialamatkan pada salah satu “slave”, “master” kemudian akan mendengarkan jawaban dari “slave”. Jika “slave” tidak merespon dalam waktu yang ditentukan, (diseting oleh kontrol software dalam “master”), “master” akan memutus pembicaraan.

Cara menghubungkan instrumen dalam jaringan RS485

Untuk menghubungkan instrumen pada jaringan RS485, harus menggunakan kabel khusus yang didisain untuk komunikasi RS485 sebagai contoh: “Screened twisted pair cable”, “impedansi 120ohm”,”kapasitansi tidak lebih dari 18pf/ft”. Spesifikasi kabel tersebut diperlukan bila ingin mendapatkan jarak yang optimal yaitu sampai dengan 1,2km. Bila hanya untuk percobaan dengan jarak pendek dibawah 10meter, bisa digunakan kabel apa saja. Semua koneksi sisi “A” harus digabungkan bersama dengan sebuah konduktor dari twisted pair cable, dan semua koneksi sisi “B” juga harus digabungkan menjadi satu dengan menggunakan satu konduktor yang lain dari twisted pair cable tersebut. Dan yang paling penting untuk menghindari noise, EMI (Electro Magnetic Interference) dan surge, cable screen (serabut luar kabel) harus dihubungkan ke terminal “Gnd”.

Sebagai contoh jenis kabel yang bisa digunakan adalah Belden 9841 (Single pair) atau 9842 (Two pair) dengan karakteristik impedansi sebesar 120ohm. Kabel tersebut sangat direkomendasikan. Karena koneksi RS485 bersifat multi-drop (party-line) maka pada ujung koneksi instrumen pada jaringak modbus harus diterminasi dengan resistor sebesar 120ohm seperempat watt atau yang lebih besar. Termination resistor biasanya sudah disediakan dan switchable bila anda membeli unit instrument pabrikan. Untuk pemilihan jumlah pair pada kabel harus disesuaikan dengan kebutuhan, misal anda ingin menggabungkan catudaya DC24Volt pada satu kabel dengan komunikasi data, maka anda bisa menggunakan Belden 9842 (Two pair) dan jika dalam satu kabel hanya diperuntukkan untuk komunikasi data, anda bisa menggunakan Belden 9841 (Single pair).

Koneksi instrument RS485

Dalam jaringan RS485 tidak boleh ada lebih dari dua kabel yang terhubung dalam satu terminal. Konfigurasi yang harus digunakan adalah “Daisy Chain” atau “straight line” atau jaringan satu arah antara master dan slave-nya. Konfigurasi “Star” atau jaringan dengan “Stubs (Tees)” atau percabangan tidak direkomendasikan karena bisa mengakibatkan sistem tidak berjalan sesuai harapan (terjadi korupsi data).

single line network

Berikut adalah datasheet dari kabel yang direkomendasikan untuk koneksi RS485:

1. Belden 9841 (Single twisted pair cable) dengan beldfoil dan braid shiled, impedansi 120 ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arus maksimal 2,1A/conductor @25 Celsius. Untuk spesifikasi lengkap silahkan download datasheetnya disini.

2. Belden 9842 (Double twisted pair cable) dengan beldfoil dan braid shield, impedansi 120ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arus maksimal 2,1A/conductor @25 Celsius. Untuk spesifikasi lengkap silahkan download datasheetnya disini.

3. Belden 89842 (Double twisted pair cable) dengan Plenum rated (Cable untuk dipasang di plenum space). dengan beldfoil dan braid shield, impedansi 120ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arus maksimal 2,1A/conductor @25 Celsius. Untuk spesifikasi lengkap silahkan download datasheetnya disini.

NB: “Plenum cable is jacketed with a fire-retardant plastic jacket of either a low-smoke polyvinyl chloride (PVC) {patented 1987} or a fluorinated ethylene polymer (FEP).” -Quoted from Wikipedia.com

Fire-retardant : Adalah zat selain air yang mengurangi sifat mudah terbakar atau menunda proses pembakaran dari suatu jenis bahan bakar.

Thanks udeh mampir.. semoga bermanfaat.
:shakehand2

Herlambang Aribowo