Empety Bottle Inspection atau yang sering disebut EBI ini merupakan salah satu mesin produksi yang sangat penting, sebagaimana fungsinya menentukan kualitas botol yang layak untuk pembotolan minuman dalam mesin Filler. Mesin ini berfungsi mendeteksi botol kosong setelah keluar dari mesin Washer, apakah terdapat kecacatan pada botol atau masih terdapat cairan dalam botol. Sistem kerja mesin ini nampak seperti pada Gambar 1. Di sana terlihat ada beberapa syarat yang harus dilewati oleh sebuah botol untuk lolos pada proses selanjutnya.

EBIGambar 1 : Proses inspeksi pada mein EBI

Kualitas botol yang lolos dalam deteksi mesin EBI seperti proses di atas haruslah memenuhi kontrol yang yang telah disetting pada awalnya pada mesin EBI tersebut. Ketentuan kualitatif yang ada diantaranya :
1. Botol harus bersih dari cairan di dalamnya (residu liquid).
2. Botol harus bersih dari kotoran atau benda asing.
3. Botol tidak berkarat dan berkerak.
4. Botol tidak pecah pada bagian bibir ataupun pada bagian bawahnya.
5. Botol tidak dari jenis produksi lain.
6. Botol tidak berwarna buram / kabur.

Sebagai unit controller atau unit pengendali mesin EBI tersebut adalah sistem komputerisasi terpadu atau control display. Sebagai gambaran umumnya mesin EBI ini mempunyai beberapa input berupa sensor, kemudian input akan diterima oleh unit controller (unit pengendali) untuk diolah. Sebagai output mesin akan menggerakkan mekanik pusher dengan koneksi compressed-air. Jika botol tidak memenuhi ketentuan seting awal, maka botol akan dibuang atau akan dipindah ke konveyor lain untuk dibersihkan ulang. Pada unit controller ini terdapat panel-panel sebagai setingan atau pengontrol.