Soket paralel atau lebih dikenal dengan nama printer port adalah port eksternal yang sangat umum. Pasangannya adalah kabel paralel. Dahulu kebanyakan printer, scanner, dan media simpan eksternal memakai soket jenis ini. Sekarang, soket ini sudah sangat jarang dijumpai pada PC terbaru.

Sebelum ditemukannya teknologi plug and play, segala jenis periferal harus memerlukan pendeteksian oleh sistem komputer. Begitu pula dengan pemakaian model soket paralel ini.

 

Parallel Port

 

Penghubung yang memakai port LPT-1 ini memiliki keterbatasan dalam hal transfer data. Menurut penghitungan rata-rata, proses transfer data antar PC atau PC dengan eksternal storage sekitar 0,61 Mbps (mega byte persecond). Apabila dianalogikan, untuk memindahkan data sebesar 1 Gb, maka diperlukan waktu kira-kira setengah jam.

Waktu transfer tersebut memang cukup cepat buat printer, yang notabennya hanya menerima data text saja. Namun untuk mentransfer data dari PC ke scanner dan hard disk eksternal atau sebaliknya, akan perlu tempo yang lebih lama. Satu-satunya periferal yang masih menggunakan soket paralel adalah printer dotmatrix yang masih digunakan untuk mencetak document invoice atau struck pada sebuah toko atau kantor.

Jika kita ingin menambahkan soket paralel lain, maka diperlukan PCI expansion card.