Softaculous adalah Auto Installer yang memiliki 230 script siap pakai (pada saat artikel ini ditulis dan akan terus bertambah) untuk diinstall pada hosting panel seperti cPanel dan direct admin. Softaculous sangat ideal untuk perusahaan Webhosting dan dapat meningkatkan penjualan karena fasilitas kemudahan yang akan didapat user dalam proses instalasi script, framework atau CMS. Hampir setiap jenis kategori CMS tersedia dalam Softaculous seperti E-commerce, blog, web cms, image gallery, social networking dll dengan jumlah variasi yg komplit dan tentu saja dengan script yang mempunyai release update terakhir, ini merupakan salah satu keunggulan dari Softaculous.

Softaculous current installation

Pasca instalasi pun bila user ingin manage script yang sudah terinstall sebelumnya akan sangat mudah, misalnya melakukan back up dan delete instalasi. Berita terkini dari masing-masing script juga sangat up-to date.

Softaculous current installation

Pada gambar diatas adalah informasi instalasi yang exist pada salah satu jenis script. Link adalah alamat domain pada instalasi bersangkutan, Admin adalah shortcut ke halaman administrasi misal kalo di WordPress adalah http://yourdomain/wp-admin/, user juga bisa melihat kapan tanggal instalasi script tersebut sebagai contoh October 10, 2011, 9:17 am, Version adalah versi script yang bersangkutan disini contoh wordpress versi 3.2.1. Sedangkan child menu dari option adalah backup, edit detail dan remove.
Sangat mudah menggunakan Softaculous sehingga newbie sekalipun tidak akan pusing2 tentang setting standar seperti koneksi database, setting manual config website, upload file script, setting file permission semuanya otomatis dilakukan oleh Softaculous. Softaculous juga dilengkapi dengan demo yang bisa dibuka kapan saja sebelum user melakukan instalasi script yang bersangkutan dan hal ini akan sangat membantu user dalam memilih script yang akan diinstal pada website mereka. Bagi user yang masih pemula dan ingin membuat website dengan cepat tidak ada salahnya memilih hosting yang tersedia aplikasi Softaculous, karena akan sangat membantu dengan proses instalasi script on the fly :D