Suara berisik pada komputer bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1.    CD/DVD-ROM
2.    KIPAS
3.    HARD DRIVE / HARD DISK
4.    POWER SUPPLY

Dibawah ini adalah daftar peripheral pada komputer yang mungkin bisa menambah suara berisik pada komputer. Untuk menentukan komponen mana yang menyebabkan masalah tersebut langkah pertama adalah melihat indikator lampu pada peripheral seperti CD/DVD ROM atau Floppy Disk. Jika lampu indikator berkedip terus menerus berarti sedang terjadi akses pada peripheral tersebut dan suara dari putaran servo didalam CD/DVD ROM akan menambah tingkat kebisingan yang dihasilkan komputer.

Jika suara berisik terjadi terus menerus ketika komputer dihidupkan kemungkinan ada beberapa peripheral yang menyebabkan masalah tersebut. Untuk mengamati lebih detail dekatkan kuping anda pada peripheral yang dicurigai menambah tingkat noise, dan apabila memungkinkan coba lepas atau disconnect kabel power peripheral tersebut untuk sementara.

1.    CD-ROM
CD/DVD-ROM mungkin akan menimbulkan beberapa variasi noise waktu alat tersebut diakses oleh program atau oleh sistem. Noise yang dihasilkan seharusnya berbunyi seperti putaran yang halus dan hanya terdengar saat CD/DVD-ROM diakses.
Adalah suatu kondisi yang tidak normal jika CD/DVD-ROM menunjukkan gejala ini:
1.  Tidak ada noise sama sekali walaupun sedang diakses
2.  Terdengar bunyi “clicking” berulang-ulang saat diakses
3.  Menghasilkan noise ketika CD/DVD-ROM tidak diakses
Jika anda mengalami gejala diatas kemungkinan CD/DVD-ROM anda sudah mulai lapar.. “eh salah” sudah mulai rusak, kemungkinan disebabkan kegagalan rangkaian elektronik internal, servo yang tidak presisi atau komponen optic yang sudah lemah.

2.    KIPAS
Ada beberapa kipas yang lazim ada pada sebuah komputer dan mempunyai fungsi untuk memperbaiki sirkulasi udara di dalam casing komputer. Adapun beberapa jenis kipas tersebut adalah:

a)    Kipas casing komputer – Kipas kesing adalah kipas yang tergolong kipas tambahan yang kebanyakan digunakan oleh komputer masa kini yang mempunyai bermacam-macam peripheral tambahan seperti VGA Card, Soundcard Hi-fi dll, yang semua itu sangat lapar akan daya listrik dan tentu saja menghasilkan panas lebih didalam kesing komputer. Kalau kipas sudah lama tidak diperiksa dan dibersihkan, debu akan menumpuk pada kipas dan memungkinkan putaran kipas tidak sempurna sehingga terdengar noise dari kipas tersebut.

b)    Kipas prosesor – Kipas prosesor biasanya adalah salah satu penyumbang besar dalam dunia pernoisan didalam kesing komputer. Kipas ini modelnya juga bermacam-macam, ada yang standar dari manufacturer ada juga yang dimodifikasi dengan menggunakan kombinasi HSF dari third party. Hal tersebut dilakukan untuk menambah kinerja pendinginan pada prosesor apalagi saat prosesor tersebut melakukan pekerjaan yang berat seperti rendering 3D, loop aritmatika yang sangat panjang dan lain-lainya termasuk saat dilakukan overclocking. Terlepas dari itu semua, kipas ini harus dirawat dengan cara dibersihkan dari debu minimal tiga bulan sekali. Berisik pada kipas ini juga bisa disebabkan oleh kipas mengenai instalasi kabel yang kurang rapih dan akan menimbulkan getaran dan noise.

c)    Power supply fan –  Kipas power supply rata-rata tidak ada yang memodifnya. Sebagian besar pasrah pada manufacturer pembuat power supply tersebut. Tapi kipas pada peripheral yang satu ini juga penyumbang besar noise pada komputer. Untuk lebih detilnya silahkan merujuk pada poin ke empat yaitu Power Supply.

3.    HARD DRIVE  / HARDISK
Hardisk adalah salah satu peripheral utama untuk penyimpanan data. Dengan teknologi magnet berputar, pasti akan terjadi noise pada hardisk tersebut, apalagi jika hardisk tersebut sudah lama dipakai pasti noise yang dihasilkan akan semakin besar.
Noise pada hard drives juga bisa disebabkan oleh bad sector pada HDD tersebut, karena bila terlalu banyak bad sector, head pembaca pada hard disk akan bergerak maju mundur dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada HDD yang normal. Hal ini disebabkan karena system mencoba mengakses data terus menerus pada sector yang rusak.
Satu lagi yang tidak kalah penting, apabila anda menggunakan HDD tipe SCSI maka noise yang ditimbulkan hard disk tersebut akan lebih besar dibandingkan dengan hard disk lain misal tipe IDE, EIDE, SSD atau SATA.

4.    POWER SUPPLY
Power supply adalah komponen yang harus ada pada komputer, tidak peduli diluar casing atau didalam casing. Jenis power supply yang ditempatkan diluar casing biasanya ada pada mini komputer. Power supply bertugas menyesuaikan arus listrik dari soket di dinding (PLN) menjadi output tegangan yang lebih kecil untuk kebutuhan kerja hardware pada komputer tersebut yang sebagian besar memerlukan arus DC dengan tegangan yang berkisar antara 3,3V sampai dengan 12V PSU komputer juga mempunyai output tegangan minus antara -3,3V sampai dengan -12V untuk hardware yang membutuhkan arus simetris.

Proses konversi energi dari AC220/110V menjadi arus DC menimbulkan panas pada komponen power supply, sebagai catatan semakin tinggi efisiensi pada power supply maka panas yang dihasilkan akan semakin kecil dari power supply lain yang mempunyai efisiensi dibawahnya dengan rating yang sama. Sebagai contoh ada tulisan 80+ ini berarti manufacturer mengklaim bahwa power supply buatanya mempunyai efisiensi 80% maksudnya adalah bila power supply ini menghasilkan 800watt maka power supply akan menarik daya 1000watt dari PLN.

Lha kok malah curhat PSU ki piye jial? Wkwkwk.. Jika kipas pada power supply menghasilkan bunyi yang keras atau tidak seperti pada normalnya langkah pertama bisa dengan membersihkan power supply tersebut dengan angin compressor, semprot bagian kipas dengan compressor sampai kotoran dan debu pada kipas menjadi bersih, kemungkinan selain debu suara berisik bisa juga diakibatkan karena ada material tipis yang nyangkut pada as kipas misal seperti rambut. Bila setelah dibersihkan ternyata noise masih terdengar keras, ganti kipas power supply dengan kipas baru dan tentunya dengan rating elektrikal yang sama dengan kipas yang lama. Tapi jika anda takut bongkar-bongkar power supply, langkah termudah adalah dengan membeli power supply yang baru.