Pernahkah anda chatting dengan Yahoo client? Saya rasa jawabannya hampir 99.99% pengguna internet pernah bermain chatting dengan yahoo chat. Tapi sekarang pertanyaanya sekarang diganti.. pernahkah anda bermain Yahoo chat dengan program buatan sendiri? Nah kalo yang ini mungkin belum banyak yang pernah melakukannya, kecuali para programmer atau mereka yang aktif berkecimpung di dunia informatika. Tapi sekarang kita ga perlu jadi ahli pemrograman dulu untuk melakukan hal tersebut. Kenapa? Karena bila kita menggunakan komponen untuk pemrograman delphi yang bernama YClient, kita bisa membuat aplikasi client untuk Yahoo chat. Bahkan di dalam package komponen tersebut sudah disediakan contoh cara penggunaannya dan kita tinggal buka di delphi yang sebelumnya sudah di install dengan komponen ini, kemudian tekan RUN… dan kita akan dapatkan sebuah aplikasi yahoo chat sederhana.. Komponen ini support dengan Delphi 5,6 dan 7.

Berikut adalah screen shot untuk aplikasi tersebut :

Login.




Login Form





Gambar diatas adalah keadaan dimana kita harus memasukkan yahoo id kita.. untuk login (login form).

Sedangkan gambar dibawah adalah form yang akan tampil ketika kita sudah login dengan yahoo id kita:




Online yahoo buatan sendiri





Setelah proses login, percobaan selanjutnya adalah login dengan account lain (dengan aplikasi yang berbeda) misalnya dengan Yahoo Messenger, Pidgin, Trillian, Digsby, Yahaveen ato yang lainnya. Untuk ini berhubung saya seneng menggunakan Trillian, maka saya akan coba pake Trillian. Setelah Login ke account yang lain, maka dari aplikasi YClient, saya kirimkan pesan “haloo” maka di Trillian akan terlihat pesan “haloo” dari account yang saya gunakan pada YClient. Sebaliknya sekarang saya kirimkan pesan dari Trillian “coba delphi yahoo…………. (^_^)”” maka di aplikasi YClient akan muncul pesan dari account yang saya gunakan pada Trillian. Coba Lihat Gambar berikut.




kirim terima pesan





Yah, begitu aja percobaannya. Silakan bagi yang belum pernah mencoba langsung dicoba. Dan yang belum punya kompomen ini, Silakan bisa download disini.

Terimakasih

Herlambang Aribowo.